Gunung Burangrang Bandung

Hari Minggu kemarin saya dan beberapa teman hiking ke Gunung Burangrang. Ternyata gunung ini terletak masih di daerah Bandung, tidak jauh dari Gunung Tangkuban Parahu. Ada beberapa jalur pendakian, kami memilih jalur dari dekat Dusun Bambu.

Kami parkir kendaraan di Dusun Bambu, lalu masuk ke gunung melalui jalan setapak melewati masjid. Tidak jauh dari masjid ada pungutan oleh bapak-bapak dengan alasan bukan jalur umum. Kami memberikan uang 20.000 untuk ber-5.

Berhubung sedang bulan puasa, jalur pendakian sangat sepi. Kami mulai mendaki pukul 8 pagi, sampai di puncak pukul 12 siang. Selama perjalanan ke puncak hanya bertemu 1 pendaki. Trek Gunung Burangrang bisa dibilang cukup berat, lebih menantang daripada Gunung Papandayan. Ada beberapa tanjakan yang cukup curam, selain itu di beberapa titik kita melewati jalan setapak dengan jurang di sebelah kiri dan/atau kanan.

IMG-20150705-WA0011

Pemandangan di Gunung Burangrang sangat indah. Kita bisa melihat lembah penuh pepohonan dan danau. Asyiknya lingkungan Gunung Burangrang bisa dibilang cukup bersih, meskipun kadang ada sampah kecil-kecil terserak. Ayo para pecinta alam kita terus menjaga kebersihan gunung!

Usai bersantai dan bersantap di puncak, sekitar jam 1 siang kami beranjak pulang. Jam 4 sore kami tiba di Dusun Bambu.