Jogja Trip – Day 1

Tanggal 20-22 kantor kami mengadakan wisata ke Jogja. Baru semalam saya sampai Bandung, saya coba berbagi pengalaman saya selama hari pertama di Jogja.

Berangkat jam 5.30 pagi dari stasiun Kiaracondong Bandung, kami sampai di stasiun Lempuyangan Jogja sekitar jam 2 siang. Di perjalanan ada pedagang telur asin. Awalnya enggan, tapi akhirnya membeli karena seorang rekan bilang telur asin nya enak. Ternyata benar, telur asin seharga Rp. 2.500 itu enak, tidak berbau dan rasa asinnya pas.

Menggunakan mobil sewaan, kami check in di hotel Grand Surya sekitar jam 3 sore. Hotel ini terletak di Jalan Suryodiningratan no 42 B, Prawirotaman. Karyawan hotel ramah dan sangat membantu. Kamar tidak terlalu besar, tapi nyaman. Yang disayangkan hanya ruang parkir mobil yang tidak terlalu luas, kurang lebih cukup untuk 4 mobil saja. Lokasi hotel ini dekat dengan alun-alun selatan.

Sorenya kami ke Malioboro. Parkir di jalan sebelah Malioboro Mall, kami jalan kaki ke Jalan Wijilan untuk memburu gudeg Yu Jum. Ada 2 lokasi di Jalan Wijilan, kalau mau makan di tempat, enaknya di lokasi yang ruangannya lebih luas. Harga gudeg dimulai dari 9.000 untuk gudeg telur. Rasa sesuai dengan nama besarnya. Sebaiknya datang lebih siang, karena waktu kami datang tahu dan tempe sudah habis.

Kedatangan kami ke Jogja ternyata bertepatan dengan perayaan Sekaten, semacam pasar malam di alun-alun utara kraton Jogja. Sekaten sangat meriah, ada berbagai permainan, baju dan jajanan. Pengunjung padat, bahkan di beberapa lokasi sampai sulit untuk berjalan.

Sekitar jam 7.30 malam kami beranjak ke Malioboro, dekat dari alun-alun utara. Di Malioboro kami mampir ke Mirota. Barang di Mirota sangat lengkap dengan harga yang terjangkau. Jika ingin membeli oleh-oleh, bisa dibilang tempat ini one stop shop dari batik, suvenir, mainan tradisional, sampai kopi dan teh. Rencana mau ngemil di Raminten (di lantai atas Mirota) ternyata sudah tutup. Mirota sendiri tutup jam 9 malam.

Belum lengkap rasanya ke Jogja kalau belum makan ronde. Kebetulan sepanjang jalan Malioboro banyak penjual ronde. Minum ronde di dekat Pasar Bringharjo, menghangatkan tubuh di malam yang dingin dan gerimis.

Habis jalan-jalan dan shopping di Mirota perut rasanya sudah mulai lapar lagi. Kami melajukan mobil ke angkringan di dekat stasiun Tugu. Nasi yang disajikan enak, dilengkapi dengan aneka gorengan dan sate. Minumnya juga wajib dicicipi, ada wedang ketan dan kopi joss. Kopi joss bukan kopi + extra joss, tapi kopi ditambah arang panas sebagai penghangat.

Sekitar jam 11 malam kami sampai di Grand Surya. Badan capek tapi puas. Hari ke-2 tentunya tidak kalah seru, dilanjutkan di posting berikutnya.

Posted

in

by

Tags:

Comments

One response to “Jogja Trip – Day 1”