Kecewa dengan Layanan Indosat Ooredoo IM3

Saya mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan menggunakan Indosat Ooredoo IM3.

Saya pengguna prabayar dan berlangganan paket obrol yang otomatis diperpanjang. Saya heran karena mendapat notifikasi biaya ketika selesai telepon. Awalnya saya kira kesalahan sistem, tapi ternyata pulsa saya dipotong. Padahal saya cek paket obrol masih aktif.

Akhirnya tanggal 12 November saya menyampaikan komplain lewat twitter @indosatCare. CS menyampaikan keluhan akan ditindak lanjut maksimal 7 hari.

Tanggal 19 November saya menerima SMS dari Indosat kalau laporan sudah selesai ditindaklanjuti.

Waktu saya mencoba telepon, ternyata pulsa saya masih dipotong.

Akhirnya saya telepon ke 185. Telepon saya dijawab oleh CS, sebut saja CS 1. Setelah dicek, CS 1 bilang kalau saya berada di Bandung waktu mendaftar paket Obrol, dan paket hanya aktif di kota tempat pendaftaran paket. Terms ini tidak dijelaskan ketika membeli paket, dan honestly tidak masuk akal. Sehari-hari saya bekerja di Jakarta, berarti kebetulan paket habis dan otomatis diperpanjang ketika saya pulang ke Bandung.

Setelah sedikit ngomel, CS 1 menawarkan untuk mengembalikan biaya berlangganan. Karena CS 1 tidak bisa melakukan unreg paket, CS 1 meminta saya untuk unreg sendiri melalui *123″, lalu registrasi ulang paket Obrol. “OK”, kata saya. Telepon ditutup.

Saya coba unreg paket Obrol melalui *123″. Sempat dibilang berhasil, tapi waktu saya cek melalui aplikasi myIM3, ternyata paket Obrol masih aktif.

Saya telepon lagi ke 185, dijawab oleh CS 2. CS 2 menyarankan untuk mengirim SMS UNREG ke 123. “Kalau mengirim SMS, hanya unreg paket Obrol ya, ga akan unreg paket internet?”, tanya saya. “Iya”, jawab CS 2. Telepon ditutup.

Sesuai saran dari CS 2, saya mengirim SMS UNREG ke 123. Ternyata paket Obrol dan paket internet diberhentikan. Saya langsung gercep mematikan fitur data di telepon, karena biaya internet sangat mahal kalau tidak menggunakan paket.

Dongkol, saya telepon lagi ke 185, dijawab oleh CS 3. Saya menyampaikan kronologis dan keluhan saya. Akhirnya CS 3 mendaftarkan paket internet dengan kuota sesuai dengan sisa sebelum di-unreg.

Kesimpulan saya setelah mengalami kejadian ini:

#1. Indosat tidak menjelaskan terms & condition paket Obrol dengan jelas

#2. CS tidak memberikan informasi yang benar kepada pengguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.