Kehadiran Minimal Seminar, How’d ya Think?

Di tulisan ini gw mu sedikit menyoroti kebijakan baru prodi Teknik Informatika sebuah universitas yang terkenal di Bandung. Kebijakan ini berkaitan dengan Seminar 2 dan sidang. Seminar 2 tuh prasyarat sidang, dimana mahasiswa yang ambil mata kuliah tugas akhir 2 mempresentasikan progress pengerjaan tugas akhirnya.

Baru aja di tahun ini, prodi kasih kebijakan minimal 60% kehadiran di seminar 2 untuk bisa ikut sidang. Total ada sekitar 75 mahasiswa yang ngelakuin seminar 2, berarti setiap mahasiswa harus datang ke setidaknya 0.6 * 75 = 45 seminar. Can you imagine? Gw sedikit bertanya-tanya tentang tujuan dan esensi nya. Klo ada dosen yang bilang supaya mahasiswa tau progress temannya, apa mahasiswa masih fokus setelah nonton lebih dari 30 seminar? Yang ditonton bukan film bung, tapi tugas akhir dengan materinya yang berat-berat.

Tapi gw coba maklumin, mungkin prodi Informatika ini masih adaptasi dengan perubahan kaprodi yang berimbas ke perubahan kebijakan di banyak bidang. Ke depan semoga ada kebijakan-kebijakan yang lebih matang dan berorientasi kepada mahasiswa. Amin….

2 thoughts on “Kehadiran Minimal Seminar, How’d ya Think?”

  1. setelah melihat beberapa dosen bilang “kalian kalau ga mau memperhatikan seminar mending keluar aja” gw cuma komen “cabut aturan 60% ini dan semua peserta seminar pasti hanya yg benar2 memperhatikan saja yang datang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *