Pendakian Gunung Gede, Gunung Putri – Cibodas, Hari ke-2

Udara semalam di Surya Kencana sangat dingin. Teman mengukur suhu di luar 2°C, di dalam tenda 11°C. Saya tidur dengan 2 lapis jaket, sleeping bag, kupluk, sarung tangan, kaus kaki. Sudah seperti ini pun masih terbangun beberapa kali karena tangan terasa dingin.

Esok paginya kami menuju puncak Gunung Gede sekitar pukul 9 pagi, sampai di puncak pukul 11 siang. Kondisi puncak dipadati pendaki. Sayang pemandangan dari puncak tertutup kabut.

puncak-gunung-gede-pangrango-surya-kencana

Setelah beristirahat dan berfoto ria, sekitar pukul 12 kami bergerak pulang melalui Cibodas. Seorang teman kurang stamina, sehingga barang-barang nya dibantu dibawakan. Saya menemani teman tersebut bersama guide sweeper di belakang.

Kemacetan terjadi di pos Cipanas. Jalan sempit melalui aliran air panas dilewati 2 arah pendaki yang naik dan turun. Ada seorang mbak, mengenakan sandal gunung, kaget ketika terkena air panas. Dia berpegangan ke suaminya, suaminya terdorong ke pendaki yang sedang ke arah naik. Untungnya pendaki yang naik seimbang berpegangan ke tali pembatas.

Grup belakang (saya, teman yang capek, dan guide sweeper) tertinggal dari grup depan. Perjalanan pulang ini ternyata menantang. Usai pos Cipanas, kaki saya terasa sakit. Waktu sepatu dibuka, ternyata lecet. “Kalau kaki seperti ini tidak akan bisa jalan”, kata guide sweeper. Jadilah saya menuruni gunung dengan sandal jepit crocs. Deg-degan licin dan takut sendalnya putus.

Jam 6 sore langit mulai gelap. Headlamp yang saya sewa, ternyata baterai nya habis. Saya berjalan dibantu senter teman dan guide. Sore itu stamina saya mulai drop juga, paha sangat pegal. Kemungkinan kecapekan waktu mendaki dan bergerak terlalu cepat waktu awal dari puncak.

Pos demi pos dilalui, kami ber-3 berjalan pelan-pelan. Akhirnya tiba juga di pos Cibodas sekitar pukul 8.30 malam. 8 jam setengah turun dari puncak Gunung Gede.

Pelajaran hari ini:

1. Jika menyewa sepatu yang sudah tidak terlalu bagus (seperti saya), pastikan menggunakan kaus kaki tebal supaya tidak lecet. Fungsi sepatu sangat vital dalam pendakian.

2. Pastikan membawa baterai cadangan untuk headlamp / senter.

3. Makanan manis seperti coklat dan madu sangat berpengaruh dalam menambah tenaga. Pastikan membawa cukup, kalau perlu dilebihkan.

So teman-teman yang mendaki gunung, pastikan persiapan matang, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama seperti saya.