Totto-chan

Sekarang gw lagi lanjutin buku ringan yang sempet dulu gw baca tapi terputus gara-gara ini dan itu, judul bukunya Totto-chan by Tetsuko Kuroyanagi. Buku ini dibeli adek gw, konon buku legendaris yang dibuat taun 1980-an tapi terus dicetak ulang sampai sekarang.

cover buku totto chan

Bagian paling berkesan buat gw ada di bagian berjudul “Masukkan kembali semua!”. Suatu hari di sekolah Tomoe Gakuen, Totto-chan ga sengaja menjatuhkan dompetnya ke bak penampung kotoran, alias bak penampung eek. Panik, dengan polosnya Totto-chan ngeluarin hampir semua eek di dalam bak buat mencari dompetnya.

Mungkin memang hari sialnya Totto-chan, Pak Kepala Sekolah memergoki Totto-chan yang sedang menguras isi bak. Bayangin posisi kita sebagai Kepala Sekolah, apa yang bakal kita lakuin terhadap Totto-chan? Memarahi, membentak, mencubit, memukul mungkin opsi yang terdengar menarik dan logis buat mendisiplinkan Totto-chan. Guess what? Pak Kepala Sekolah hanya bilang “kau akan memasukkan semua kembali kalau kau sudah selesai kan?”. Dengan tindakannya, Pak Kepala Sekolah memberi kepercayaan kepada Totto-chan yang masih kecil untuk bertanggung jawab terhadap perbuatannya. Kalau Pak Kepala Sekolah seperti kita, memarahi Totto-chan, mungkin itu bakal membuat Totto-chan minder dan tidak berani mengambil tindakan.

Segini aj share gw, buat yang mau baca resensi lengkap bisa liat link yang gw temuin sambil browsing-browsing: resensi totto-chan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *