jQuery Sliding Gallery

Buat yang belum tau, gw mahasiswa tingkat 4 Teknik Informatika ITB, dan saat ini sedang sangat tertarik dengan Web development. Di post kali ini gw mu coba share pengalaman gw pake plugin sliding gallery untuk framework javascript favorit gw, jQuery. Plugin ini gw pake waktu mau buat efek sliding gallery alias carousel di salah satu web kerjaan gw, http://www.licht-soft.com. Sebelum jatuh hati di plugin ini, gw sempat mencoba-coba plugin yang lain, jcarousellite, tapi plugin sliding gallery punya kelebihan di lengkapnya event yang disediakan, ‘n efeknya sesuai dengan yang dimau designer gw (gambar tengah bisa dizoom). Masalah efek yang tidak sesuai seringkali berbuntut panjang kalau kita pakai plugin, soalnya kadang harus ngoprek source code nya sampai dalam, dan hal ini sebisa mungkin dihindari.

Di samping semua kelebihannya, ada hal yang cukup annoying, yaitu halaman yang ga bisa discroll. Setelah ngecek pakai firebug, ternyata ada bagian javascript di sliding gallery yang dengan seenaknya menambahkan style overflow:hidden di bagian body. Bagian tersebut bisa dihapus di line 107 script sliding gallery yang isinya:

$(‘body’).css(‘overflow’, ‘hidden’);

Buat yang mau mencoba sliding gallery, bisa dilihat di http://www.meadmiracle.com/SlidingGallery.aspx, semoga berhasil 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *