[summary] Bulletproof Startup part 3

Summary dari artikel Bulletproof Startup karangan Michael V. Cope, lanjutan dari Bulletproof Startup part 2.

PHASE FOUR LAUNCH THE PRODUCT

Rule of thumb: 20 employees, 60% untuk pengembangan produk dan engineering, sisanya management, sales, dan marketing
tools:
1. pbx phone system
2. business process s/w: netsuite / salesforce

STEP 1 BUILD A NEW BOARD OF DIRECTORS

-> expand network and create perfect brain trust
Gabungkan investor, contact, backer de dalam board of directors
BoD setidaknya memiliki 1 representatif dari funers
Angel investor biasanya tidak meminta kursi di BoD, tapi VC biasa meminta
Anggota board lain: orang yang mengerti bisnis, pengalaman operasi praktis, dan dapat berhubungan dengan konsumen potensial
Anggota board sebaiknya menerima paket ekuitas yang sama dengan pekerja level direksi
“the people on my board are people i would love to hire but could never afford”

STEP 2 DEVELOP SALES AND MARKETING PLAN

-> establish a team to implement a targetted strategy
Krugle memopisisikan dirinya sebagai pemain yang hebat di pasar, menarik beta tester, dan mengamankan investasi tambahan

STEP 3 OPEN AN OFFICE

-> bring everyone under one roof as cheaply as possible
4 deadly sins

  1. overpayment: sewa sebaiknya tidak lebih dari 4-6% biaya operasi
  2. overimprovement: menolak godaan untuk merenovasi ruangan
  3. overcommitment: jangan lebih dari 12 bulan
  4. overoptimism: plan conservatively, lebih baik crowd sesaat daripada membayar ruang yang tidak terpakai

STEP 4 HIT THE MARKET

-> stop fiddling and start selling
Memasarkan melalui industry trade show
Membuat gol publisitas yang spesifik tapi realistik:
1. daftar jurnalis yang harus dicapai
2. jumlah blog mention yang dinginkan
3. target website hit dan registrasi


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *