Pengembangan Perusahaan

Siang ini saya berkesempatan berbincang dengan Kak Oka, Direktur Sangkuriang, sekaligus senior saya. Dalam obrolan ini, ada beberapa poin menarik dari Kak Oka yang saya rasa bermanfaat untuk kita yang tengah mengembangkan perusahaan.

1. Value Proposition
Ada 4 macam value yang dapat kita tawarkan untuk customer kita: harga (yang murah), kualitas (yang baik), waktu (yang cepat), dan variasi (barang / layanan yang ditawarkan kepada customer).

Umumnya kita memilih 1 sampai 2 value utama untuk customer. Value yang kita pilih menentukan keseluruhan strategi perusahaan, dari marketing sampai operasional. Contoh ekstrim membandingkan Breadtalk dengan Roti Boy. Roti Boy sama sekali tidak menawarkan variasi, hanya menjual 1 macam roti. Menurut Anda, apa value yang ditawarkan Roti Boy?

Terkait value, penetrasi pasar akan lebih mudah jika kita menawarkan value harga murah, atau variasi banyak. Harga adalah parameter yang jelas untuk calon customer kita. Variasi yang banyak memungkinkan kita menjual ke berbagai segmen, khususnya untuk perusahaan jasa.

Apakah kita harus selamanya menawarkan harga murah? Tidak juga. Jika momennya tepat, kita dapat mengedepankan value yang lain, misalnya kualitas.

Berbicara kualitas, bukan hanya kualitas produk saja, tapi kualitas service kita kepada customer / client. Service kita baik, customer nyaman menggunakan produk / jasa kita.

2. Parameter Perkembangan Perusahaan
Parameter perkembangan perusahaan adalah omset per orang. Perusahaan ber omset besar dengan karyawan banyak itu capek.

3. Menjual Mimpi
Sebagai perusahaan startup, kita perlu memiliki mimpi dan menyampaikan mimpi tersebut kepada setiap partner kita. Lebih penting dari menyampaikan, kita perlu merealisasikan mimpi tersebut.

4. Benchmark
Temukan benchmark perusahaan yang ingin kita susul. Dengan memiliki benchmark kita akan lebih memiliki gambaran dalam mengembangkan perusahaan.

Anda punya pendapat? Silakan sampaikan pada bagian komentar di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *