Workshop Leadership by Betti Alisjahbana

Dua hari ini saya berkesempatan mengikuti “Workshop Leadership for New Managers” yang diselenggarakan oleh QB Leadership Center. Workshop ini selama 2 hari difasilitasi oleh Ibu Betti Alisjahbana. Beliau sempat menjadi Country Manager IBM Indonesia, komisaris Garuda Indonesia, dan terkini menjadi pansel Ketua KPK.

Workshop Leadership for New Managers by Betti Alisjahbana Batch 34

Workshop ini menurut saya sangat bagus untuk leader, baik “new managers” maupun leader yang sudah lebih berpengalaman. Pertama, workshop ini memberikan pembekalan praktis untuk leader mengenai tanggung jawab seorang pemimpin dan bagaimana cara memenuhi tanggung jawab tersebut. Kedua, workshop ini difasilitasi praktisi yang berpengalaman dan memiliki track record, sehingga dapat memberikan materi yang mengena dan bukan teori saja. Ketiga, workshop dapat memotivasi leader melalui inspirasi dari fasilitator dan sharing dari sesama peserta yang lain.

Materi yang paling berkesan untuk saya selama 2 hari ini adalah mengenai tugas leader dalam membawa perubahan untuk tim dan coaching. Seorang leader tidak boleh menyerah dalam membawa perubahan dan senantiasa berpikir positif. Supaya leader dan tim tetap bersemangat dalam menunggu terjadinya perubahan, perlu adanya milestone-milestone jangka pendek sebagai bentuk progress untuk tim.

Saya sempat membaca buku dan artikel mengenai coaching atau 1-on-1. Saya tahu coaching adalah hal yang baik, tapi belum termotivasi untuk melakukannya dengan serius sampai adanya sharing langsung dari praktisi seperti Ibu Betti. Coaching adalah tools yang efektif untuk membangun tim untuk meningkatkan performance dan mencapai tujuan bersama. Dalam coaching, kita bukan memberikan perintah, melainkan mengajak coachee berpikir dan terlibat dalam mencari solusi.

Workshop ini mengingatkan dan memotivasi saya akan tugas leader dalam membawa perubahan. Sebagai leader kita perlu selalu bangkit ketika terjatuh. Ada pepatah Cina mengatakan jika kita jatuh 7 kali, kita perlu bangun kembali 8 kali.

So leaders, saya sangat merekomendasikan workshop ini. Anda bisa segera menghubungi CP yang ada di flyer mengenai kapan jadwal workshop berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *