Panduan Pertama Kali ke Singapura untuk Orang Indonesia

Berikut panduan untuk orang-orang Indonesia yang pertama kali ke Singapura. Berdasarkan pengalaman pribadi.

Barang yang wajib dibawa: adaptor charger.

Colokan listrik di Singapura berbeda dengan Indonesia. Awalnya saya pikir colokan listrik nya akan sama karena sama-sama negara Asia Tenggara. I have never been this wrong.

Bagaimana jika Anda tidak membawa adaptor?

Paling mudah bisa membeli di bandara. Saya turun di Terminal 3, tidak jauh dari sana ada toko elektronik yang menjual adaptor, meskipun harganya agak mahal (sekitar $ 7).

Transportasi dari bandara ke kota bisa menggunakan MRT.

Saya sendiri menginap di daerah Kallang, jadi dari bandara transit di stasiun Tanah Merah, lalu berganti MRT ke arah Kallang (East-West Line).

Di stasiun MRT terdapat vending machine tiket MRT. Tiketnya terbuat dari bahan kertas karton.

Tiket yang dibeli di vending machine bisa diisi ulang sampai 6 kali.

Vending machine tiket MRT hanya menerima beberapa jenis uang kertas dan koin. Contoh uang kertas yang diterima $5, $2, dan $1.

Di stasiun MRT Changi ada petugas yang bisa menukarkan uang. Jadi kita tidak perlu khawatir kalau belum punya uang pecahan, karena petugas tersebut bisa menukarkan uang kita dengan pecahan yang diterima oleh vending machine.

Awalnya saya sempat curiga juga waktu dibantu oleh ibu petugas tersebut. Ternyata bukan saya saja, karena ada turis lain (sepertinya dari Eropa) curiga dengan bantuan yang diberikan ibu petugas tersebut.

Di stasiun MRT yang lain sepertinya tidak ada petugas yang membantu. Jadi pastikan kita menyiapkan pecahan uang yang bisa diterima oleh vending machine.

Happy travelling to Singapore!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.