BizSpark Azure Down Southeast Asia

Hari ini mendadak website kami yang di-host di Azure Virtual Machine down. Konyolnya status VM tersebut di Azure portal running dan tidak ada masalah ketika dilakukan “check health”.

Ini pertama kali nya kami mengalami masalah seperti ini di Azure VM. Kami mencoba menghubungi customer service di twitter @AzureSupport. Surprisingly, responnya cepat.

Ternyata ada kendala yang mengakibatkan masalah untuk sebagian pengguna servis Azure di Southeast Asia (https://azure.microsoft.com/en-us/status/#history). Ternyata kami salah satu pengguna yang kurang beruntung.

Customer service memberikan saran untuk mengikuti petunjuk di website ini. Untungnya saya membaca keterangan di awal artikel, panduan ditujukan untuk Azure classic, padahal kami menggunakan Azure Resource Manager VM. Customer service kemudian menyarankan untuk menggunakan fasilitas Support Case.

Satu jam lebih kami mencoba mendaftarkan Support Plan.

Satu… kami mencoba mencari informasi mengenai ketersediaan Support Plan di Bizspak. Link yang kami temukan https://msdn.microsoft.com/subscriptions/bb266240 menyarankan untuk menghubungi call center. Sadly… call center nya tutup di weekend.

Dua… kami mencoba membeli Developer Support Plan. Sudah membeli, kami tidak menemukan cara untuk menghubungkan Support Plan tersebut dengan Azure portal. Akhirnya kami cancel subscription nya.

Iseng-iseng, kami mencoba untuk menggunakan fasilitas Redeploy di Azure VM.

Capture

Ternyata oh ternyata, setelah di-Redeploy, VM kembali berjalan dengan normal.

So kesimpulan dari kejadian hari ini:

  1. Salut dengan kecepatan respon @AzureSupport
  2. @AzureSupport ternyata gagal memberikan solusi yang sangat mudah, dengan Redeploy saja
  3. Proses subscription Support Plan sangat membingungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *