Import Tabel pada Oracle Express dengan Toad

Yappp, sesuai judulnya, pada tulisan ini gw mu coba sedikit bahas tentang bagaimana import tabel di Oracle Express pakai Toad. Dari judulnya terlihat sederhana, tapi ternyata prakteknya ga segampang yang gw kira. Import tabel di Oracle Express jauuhhhh lebih sulit dari MySQL, ‘n itu bikin gw makin cinta ma MySQL, hahaha… Pertama kali coba import tabel, gw hampir habisin waktu setengah hari, dan lewat tulisan ini semoga temen-temen ga mengalami hal yang sama. Berhubung gw bukan expert di Oracle, mohon diralat kalau ada yang salah. And here it goes…

Inisialisasi:

  1. ud install Oracle Express
  2. ud install Toad (gw pake versi 10.1.1.8)

Berbeda dengan MySQL, satu user di Oracle hanya bisa memiliki satu database schema. Jadi sebelum kt mengimport, kt buat user baru lewat web interface oracle express (biasanya http://127.0.0.1:8080/apex/)
oracle home
Pastikan roles DBA dicontreng, soalnya hanya DBA yang bisa import tabel

Tahap berikutnya buka toad, lalu login dengan user/password yang sudah didaftarkan sebelumnya, dan pilih connect as SYSDBA. Pada contoh ini gw pake username SIO_WORKOVER.
connect

Setelah berhasil login, masuk ke menu database->import->import utility wizard. Sebenernya ada metode lain untuk meng-import, tapi metode ini yang terbukti berjalan dengan baik dan lancar. Data yang diimport adalah data dump yang dibuat dengan toad juga, dan biasanya berekstensi .DMP. Tapahan import utility wizard:
1. pilih import tables, klik next
2. isi field from user dengan nama user yang membuat file dump yang akan kita import, klik next. Bagian ini sedikit aneh dan gw tidak dapat menjelaskannya.
import
3. klik next
4. isi export file name dengan file .DMP yang mu diimport ke database kita, klik next
5. klik finish
6. tunggu proses import nya selesai

Fiuhh, selesai juga mengimport tabel. Jika penasaran tentang menggunakan php dengan oracle pada xampp 1.7.1, bisa lihat link ini. Link ini sangat deskriptif dan membantu, meskipun tulisannya bahasa Inggris. Sukses!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *