4 Strategi Membangun Bisnis

Sore ini saya mengobrol dengan Dicky Sukmana dari Marketbiz / @infobandung / Invictus / etc. Ada beberapa poin menarik yang disampaikan Dicky, dalam kita membangun bisnis.

1. Spesialisasi
Perusahaan yang menyatakan diri memiliki spesialisasi, memiliki nilai tambah di mata client. Misalnya ada restoran yang mau membuat program billing, tentu memilih PT A yang spesialis program restoran, daripada PT B yang membuat program apapun.

2. Realistis
Oke.. Saya punya PT A yang menyatakan spesialis program restoran. Ada tawaran proyek program apotek, apakah serta merta ditolak? Kita realistis melihat kondisi, kalau memang memungkinan dikerjakan – apalagi kas menipis – dikerjakan saja. Tapi sebaiknya tidak perlu dicantumkan di website.

3. Petakan bisnis
Kita mau masuk ke satu pasar, misalnya jasa pembuatan program restoran. Perlu berapa client untuk survive? Siapa saja potential client?

4. Faktor kali
Sebaiknya membuat program yang memiliki faktor kali. Misalnya program untuk distro bisa dijual berulang kali dengan modifikasi yang minim.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *