Cilacap

Belum lama ini gw mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Cilacap, sebuah kota kecil di pantai selatan Pulau Jawa, bersama beberapa rekan kerja. Konon Cilacap berkembang terutama dikarenakan adanya kilang pertamina di Kota tersebut. Cilacap dibilang kota yang sepi dimana angkot jarang, bahkan jam 7 malam suasana jalan sudah sangat lengang.

Sebenarnya gw ke Cilacap dalam rangka bermain bekerja. Namun sayang melewatkan kesempatan ini, gw sempat gugling objek wisata yang terkenal di Cilacap, supaya bisa wisata sambil bekerja. Gugling menyebutkan dua objek wisata di Cilacap, yaitu Pantai Teluk Penyu dan Pulau Nusakambangan. Pulau Nusakambangan dikabarkan memiliki pemandangan yang oke dengan sejumlah gua alam yang tersebar di pulau tersebut. Sayang dikarenakan keterbatasan waktu, gw hanya sempat berkunjung ke Pantai Teluk Penyu sambil bersantap sea food di cafe yang terletak di tepi pantai.

Pantai Teluk Penyu memiliki pemandangan unik kapal-kapal tanker yang lalu lalang membawa minyak untuk diproses di kilang Pertamina. Lampu-lampu kapal memberikan suasana yang berbeda. Pantai nya bersih, tidak tampak sampah yang berserakan. Di dekat pantai terdapat beberapa toko souvenir yang menjual oleh-oleh khas pantai seperti kalung mutiara, gelang mutiara, dan kerang.

Sempat terlintas, akan seperti apa Cilacap 5 tahun ke depan, 10 tahun ke depan… Mungkin sudah berkembang menjadi seramai Bandung, mungkin menjadi tujuan wisata seperti Pangandaran, mungkin…


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *