Cara Memperpanjang SIM di SIM Keliling Bandung

Berikut pengalaman saya memperpanjang SIM di SIM Keliling Bandung yang terletak di Radio Dahlia, Jalan Burangrang Bandung.

SIM Keliling di Jalan Burangrang Bandung terletak di depan kantor Radio Dahlia, di seberang foodcourt In&Out. Karena pengalaman sebelumnya kehabisan nomor antrian, saya sengaja datang lebih awal. Jam 6.30 saya sampai di lokasi, ada petugas security di Radio Dahlia yang membawa kertas antrian SIM. Bapak tersebut menuliskan nama saya di urutan nomor 2. Setelah terdaftar, saya disarankan untuk kembali lagi ke lokasi sekitar jam 7.30 supaya nomornya tidak terlewat.

Sekitar jam 7.30 saya kembali ke lokasi SIM keliling. Sekitar jam 8 mobil SIM keliling tiba di lokasi. Petugas baru memberikan informasi kalau kertas antrian yang saya isi itu untuk antri periksa kesehatan. Kalau sudah periksa kesehatan di luar, kita bisa langsung mengantri perpanjangan SIM.

Pemeriksaaan kesehatan yang diwajibkan antara lain tekanan darah, penglihatan, buta warna, dan refleks. Setelah lolos pemeriksaan kesehatan, berkas kita dibundel oleh petugas kesehatan untuk kemudian kita serahkan ke petugas perpanjangan SIM.

Setelah berkas diserahkan, kita menunggu panggilan untuk mengisi data nomor telepon. Setelah mengisi data nomor telepon, kita menunggu panggilan untuk membayar biaya perpanjangan SIM. Setelah membayar biaya perpanjangan SIM, kita menerima formulir kelengkapan perpanjangan SIM yang perlu kita isi. Setelah mengisi formulir kelengkapan perpanjangan SIM, formulir tersebut kita serahkan ke bagian foto. Setelah kita menyerahkan formulir, kita menunggu pemanggilan foto. Setelah difoto dan direkam sidik jari, kita menerima resi SIM.

Berhubung saat itu kartu SIM sedang habis, saya menerima resi SIM sebagai bukti resmi yang bisa ditunjukan ketika diminta oleh polisi. Kabarnya kepolisian akan menginformasikan jika SIM kita sudah selesai dan bisa diambil.

KESIMPULAN

Berikut adalah prosedur perpanjangan SIM

Berdasarkan pengalaman ini, ada beberapa tips dalam memperpanjang SIM di SIM keliling Bandung

  1. Surat keterangan sehat sebaiknya dibuat sebelumnya jadi tidak perlu antri lagi di posko SIM keliling
  2. Datang sekitar jam 8 supaya dapat lebih awal menyerahkan persyaratan SIM

PERTANYAAN

Bagaimana perpanjangan SIM Online?

Minggu sebelumnya saya mencoba perpanjangan SIM Online dengan pilihan lokasi di Burangrang. Ternyata meskipun sudah mendaftar online, kita tetap perlu mengantri sama seperti orang lain. Petugas di lokasi pun menyarankan untuk antri seperti biasa karena perpanjangan melalui SIM Online belum berjalan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *